Advertisement

Latest News

Rahasia Penulisan Basmalah

By Sang Perindu - Saturday, December 18, 2010

وَ قَدْ مَنَّ اللهُ تَعَالَى بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ مِنْهُ تَنْبَعُ الأَنْهَارُ الأَرْبَعَةُ كَمَا رُوِيَ عَنِ النِّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِيْ إِلَى السَّمَاءِ نَزَلَ جِيْرِيْلُ عَلَيَّ وَ قَالَ: يَا مُحَمَّدُ اِفْتَحْ عَيْنَيْكَ فَفَتَحْتُ عَيْنِيْ فَنَظَرْتُ وَ إِذَا أَنَا عِنْدَ شَجَرَةٍ عَظِيْمَةٍ وَ عِنْدَهَا قُبَّةٌ مِنْ دُرَّةٍ بَيْضَاءَ وَ لَهَا بَابٌ مِنْ ذَهَبٍ أَحْمَرَ وَ عَلَى الْبَابِ قُفْلٌ مِنْ ذَهَبٍ أَحْمَرَ لَوِ اجْتَمَعُوْا مَنْ فِي الدُّنْيَا وَ صَعَدُوْا عَلَى تِلْكَ الْقُبَّةِ كَانُوْا مِثْلُ الطَّائِرِ الْجَالِسِ عَلَى الْجَبَلِ أَوْ كَالسَّابِحِ فِي الْبَحْرِ فَرَأْيْتُ هذِهِ الأَنْهَارَ تَجْرِيْ مِنَ الْقُبَّةِ فَلَمَّا أَرَدْتُ أَنْ أَرْجِعَ قَالَ لِيْ جِبْرِيْلُ إِلَى أَيْنَ تَذْهَبُ أَلاَ تَدْخُلُهَا فَقُلْتُ: يَا أَخِيْ يَا جِبْرِيْلُ كَيْفَ أَدْخُلُهَا وَ عَلَيْهَا قُفْلٌ مِنْ ذَهَبٍ فَقَالَ: افْتَحْهُ فَإِنَّ مِفْتَاحَهَا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَرَأْيْتُ نَهْرَ الْمَاءِ يَجْرِيْ مِنْ مِيْمِ بِسْمِ وَ رَأَيْتُ نَهْرَ اللَّبَنِ يَجْرِيْ مِنْ هَاءِ الْجَلاَلَةِ وَ رَأَيْتُ نَهْرَ الْخَمْرِ يَجْرِيْ مِنْ مِيْمِ الرَّحْمنِ وَ رَأَيْتُ نَهْرَ الْعَسَلِ يَجْرِيْ مِنْ مِيْمِ الرَّحِيْمِ فَعَلِمْتُ أَنَّ هذِهِ الأَنْهَارَ مَنْبَعُهَا مِنْ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
كَذَا ذَكَرَهُ الْفَتَى

Sungguh Allah telah menganugerahkan Bismillah-ir-rahman-ir-rahim kepada umat Muhammad s.a.w.. Dari tulisan basmalah itu bersumber mata air 4 sungai. Sebagaimana diriwayatkan dari Nabi s.a.w., beliau bersabda:
“Di malam ketika aku diisra’kan ke langit, turunlah Jibril menjemput dan berkata: “Wahai Muhammad, bukalah kedua matamu,” lalu aku membuka mataku dan melihat sekelilingku, tiba-tiba saja aku sudah berada dekat sebuah pohon yang besar dan di dekat pohon tersebut terdapat kubah dari mutiara putih, pada kubah itu terdapat pintu yang terbuat dari emas merah dan di atas pintu tersebut ada gembok yang terbuat dari emas. Jika saja berkumpul seluruh makhluk di dunia, dan mereka menaiki kubah itu, mereka bagaikan burung-burung yang duduk di atas gunung atau bagaikan orang yang berenang di lautan....

Lalu aku melihat sungai-sungai ini mengalir ke kubah tersebut....Lalu ketika aku hendak kembali, Jibril berkata kepadaku: “Hendak ke mana engkau pergi...? Tidakkah kau ingin memasuki kubah itu?”

Maka aku menjawab: “Wahai saudaraku Jibril, bagaimana aku bisa memasukinya, sedangkan di atasnya terdapat gembok yang terbuat dari emas?”

Lalu Jibril menjawab: “Bukanlah pintu tersebut, karena sesungguhnya kuncinya adalah Bismillah-ir-rahman-ir-rahim.”

Lalu aku melihat sungai dari air mengalir dari huruf Mim lafazh Bismi....

(Syekh Husyein menjelaskan yang dimaksud sungai air adalah ilmu syari’at. Kalau kita benar-benar mempelajari ilmu syari’at akan menghilangkan kehausan Sadr/hati yang menghadap ke dunia)

Dan aku melihat sungai susu, mengalir dari huruf Ha’ lafazh Allah.....

(Syekh Husyein menjelaskan yang dimaksud sungai susu adalah ilmu tarikat. Jika kita betul-betul mempelajari ilmu tarikat akan menghilangkan kehausan qalbu/hati yang menghadap Allah)

Dan aku melihat sungai khamar, mengalir dari huruf Mim lafazh ar-Rahman....

(Syekh Husyein menjelaskan yang dimaksud sungai khamar adalah ilmu hakikat. Jika kita betul-betul mempelajari ilmu hakikat akan memabukkan/melupakan segala sesuatu selain Allah)

Dan aku melihat sungai madu, mengalir dari huruf Mim lafazh ar-Rahim....

(Syekh Husyein menjelaskan yang dimaksud sungai madu adalah ilmu ma’rifat. Jika kita betul-betul mempelajari ilmu ma’rifat akan senantiasa merasakan kemanisan kebersamaan dengan Sang Kekasih )

Maka kini aku tahu, bahwa sungai-sungai ini bersumber dari Bismillah-ir-rahman-ir-rahim”,

Demikian uraian Syeikh al-Fasyaniy oleh karenanya, sebaiknya dalam menulis basmalah, jelaskan lobang tiap-tiap huruf yang berlobang, yaitu Mim dan Ha’.

Dari: Kitab Selalim al-Fudhala, halaman: 3
Karya: Imam Nawawi Bantani.

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Advertisement