Advertisement

Latest News

Tentang "BASMALLAH"

By Sang Perindu - Saturday, December 18, 2010

«البسملة: بسم الله الرحمن الرحيم»( ) .

Menurut Bahasa:
Basmalah: adalah Bismillah-ir-rahman-ir-rahim.

في القرآن الكريم
جاءت البسملة في القرآن الكريم (114) مرة على عدد سور القرآن و ذلك في بداية كل سورة إلا سورة التوبة، و مرتين في سورة النمل، مرة في بدايتها و مرة في سياق السورة، و ذلك في قوله تعالى: إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمانَ و إنهُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحيمِ( ) .


Menurut al-Qur’an al-Karim:
Terdapat Basmalah di dalam al-Qur’an sebanyak (114) kali sesuai dengan bilangan surah-surah al-Qur’an dan merupakan permulaan setiap surah kecuali surah at-Taubah (tidak ada), dan dua kali (2x) di surah an-Naml, yakni sekali di permulaannya dan sekali ?

يقول: «البسملة ... إشارة إلى ما ينبغي من الاعتقادات و العمليات»( ) .

Al-Imam Fakhr-ud-Din ar-Razi berkata:
Basmalah: adalah ......isyarat kepada apa yang seharusnya menjadi i‘tiqad (kepercayaan) dan amal.

الشيخ عبد الكريم الجيلي
يقول: «البسملة: هي عبارة عن كلمة (كن)، لأن الله تعالى أظهر الموجودات بواسطة الكلمة، كذلك أظهر سور كتابه العزيز بواسطة البسملة»( ).


Syekh ‘Abd-ul-Karim al-Jili q.s. berkata:
Basmalah: adalah ibarat dari kalimat kun, karena Allah ta‘ala mengejawantahkan segala kewujudan dengan perantara kalimat (kun) tersebut, begitu pula Dia mengejawantahkan surah-surah Kitab-Nya al-‘Aziz dengan perantara Basmalah.

يقول الشيخ أبو الحسن الشاذلي:
«افتتح السور بالبسملة: لأن السور بيوت و منازل، فباب كل بيت البسملة، و معناه أن من دخل آمن، لأنه طمأنه بالرحمة التي في البسملة التي هي الباب»( ) .


Syekh Abul-Hasan asy-Syadzili berkata:
Dimulai surah-surah dengan Basmalah: adalah karena Surah itu adalah seperti rumah dan tempat kediaman, maka pintu setiap rumah itu adalah Basmalah, dan maknanya adalah bahwa barang siapa memasukinya akan menjadi aman, karena ia akan tenang dengan rahmat yang terdapat di dalam Basmalah yang merupakan pintu masuknya.

يقول الشيخ الجنيد البغدادي :
«في بسم الله هيبته، و في الرحمن عونه، و في الرحيم مودته و محبته»( ) .

Syekh Junaid al-Baghdadi q.s. berkata:
Pada Bismillah terdapat kehebatan-Nya, pada ar-Rahman terdapat pertolongan-Nya, dan pada ar-Rahim terdapat kasih dan cinta-Nya


و يقول الغوث الأعظم عبد القادر الكيلاني :
«بسم الله للذاكرين ذخر و للأقوياء عز، و للضعفاء حرز، و للمحبين نور، و للمشتاقين سرور، بسم الله راحة الأرواح، بسم الله نجاة الأشباح، بسم الله نور الصدور، بسم الله نظام الأمور، بسم الله تاج الواثقين، بسم الله سراج الواصلين.


Dan al-Ghauts al-A‘zham ‘Abdul-Qadir al-Kailani q.s. berkata:
Bismillah bagi para pezikir adalah perbendaharaan, bagi orang kuat adalah kemuliaan, bagi orang lemah adalah perlindungan, bagi para pecinta adalah cahaya, dan bagi para perindu adalah kegembiraan, Bismillah adalah istirahatnya para arwah, Bismillah adalah kemenangan al-Asybah (bentuk-bentuk ciptaan), Bismillah adalah cahaya shadr (tahap hati pertama), Bismillah adalah pengatur segala urusan, Bismillah adalah mahkota orang-orang yang tepercaya, Bismillah adalah obor orang-orang yang sudah sampai.


قل بسم الله حرفًا حرفًا يأخذ الأجر ألفًا ألفًا، و تحط عنك الأوزار جرفًا جرفًا. من قالها بلسانه شهد الدنيا، و من قالها بقلبه شهد العقبى، و من قالها بسره شهد المولى ... كلمة جمعت بين جلال و جمال، فقوله بسم الله جلال في جلال، و قوله الرحمن الرحيم جمال في جمال، فمن شهد جلاله طاش، و من شهد جماله عاش. كلمة جمعت بين قدرة و رحمة، فالقدرة جمعت طاعة المطيعين، و الرحمة محقت ذنوب المذنبين. قل: بسم الله فكأنه يقول: بي وصل من وصل إلى الطاعات»( ) .


Ucapkanlah Bismillah huruf demi huruf, pasti akan mendapat pahala ribuan demi ribuan, dan akan menghapus darimu dosa tumpukan demi tumpukan. Barang siapa mengucapkannya dengan lidahnya akan menyaksikan dunia, barang siapa mengucapkannya dengan qalbunya akan menyaksikan akhirat, dan barang siapa mengucapkannya dengan rahasianya akan menyaksikan Maula (Tuannya) .... sebuah kalimat yang terkumpul di antara Jalal (Perkasa) dan Jamal (Keindahan), maka ucapannya Bismillah adalah Jalal di dalam Jalal, ucapannya ar-Rahman ar-Rahim adalah Jamal di dalam Jamal, barang siapa menyaksikan Jalal-Nya akan menjadi kasim ( diputuskan semua keterikatan ) dan barang siapa menyaksikan Jamal-Nya akan menjadi hidup. Sebuah kalimat yang terkumpul di antara Kuasa dan Rahmat, maka Kuasa itu mengumpulkan ketaatan orang-orang yang taat, dan Rahmat menghapuskan dosanya orang-orang yang berdosa. Ucapkanlah: Bismillah, maka seolah-olah Ia mengatakan: Dengan-Ku sampailah orang yang sampai kepada ketaatan.

و يقول: «هذه كلمة تزيل الهم، هذه كلمة تكشف الغم، هذه كلمة تبطل السم، هذه كلمة نورها يعم»( ) .

Dan beliau juga berkata: Ini adalah sebuah kalimat yang akan menghilangkan segala kegelisahan, kalimat ini akan menyingkapkan segala kegundahan, kalimat ini akan menawarkan racun, kalimat cahayanya meliputi segala sesuatu

يقول الشيخ الجنيد البغدادي :
«إن أهل المعرفة نفوا من قلوبهم كل شيء سوى الله، و صفوا قلوبهم لله، فكان أول ما وهب لهم غناهم عن كل شيء سوى الله، فقال لهم: قولوا (بسم الله)، أي: بي تسموا، و دعوا انتسابكم إلى آدم »( ) .


Syekh Junaid al-Baghdadi q.s. (qaddassallahu sirrahu) berkata:

Sesungguhnya para ahli makrifat, mereka menafikan segala sesuatu dari kalbunya selain Allah, mereka membersihkan qalbu-qalbu mereka untuk Allah, karena yang pertama-tama yang dianugerahkan untuk mereka adalah merasa kaya dari (tidak memerlukan) segala sesuatu selain Allah, lalu Dia berfirman kepada mereka: katakanlah Bismillah, yakni: Dengan-Ku kalian sebutkan nama-Ku, dan tinggalkanlah hubungan nasab kalian kepada Nabi Adam a.s (tidak hubungkan nasab kalian dengan manusia tapi pada Allah Swt)


يقول الشيخ الحكيم الترمذي:
«سألتم عن حقيقة بسم الله، فإن الدنيا لها سم، لأنها شهوات ملهية عن الله، فبسم الله يؤخذ السم حتى لا يضر و هو ترياق الدنيا ... حقيقة بسم الله لمن وصل إلى الألوهة »( )


Syekh al-Hakim at-Tirmidzi berkata:

Kalian bertanya tentang hakikat Bismillah, sesungguhnya dunia ini penuh dengan racun, karenanya syahwat nafsu melalaikan mereka dari (ingat kepada) Allah, lalu Bismillah ini menghilangkan racunnya sehingga tidak lagi memudaratkan, dan ia adalah penawar dunia .... Hakikat Bismillah adalah bagi mereka yang telah sampai kepada Uluhiyyah (Ketuhanan)


و يقول الشيخ أبو عبد الرحمن السلمي

و قيل في (بسم الله): أنه سمة أهل الحقيقة، لكي لا يتزينوا إلا بالحق، و لا يتسموا إلا به »( ) .


Dan Syekh Abu ‘Abdur-Rahman as-Sulami berkata:

Dan dikatakan tentang Bismillah: Ia adalah tanda Ahlul-Hakikat, agar ia tidak memperhiaskan diri kecuali dengan al-Haqq, dan agar mereka tidak mensyifatkan sesuatu kecuali dengan-Nya.


يقول الشيخ عبد المجيد الشرنوبي:
« قال بعض العارفين: و لما كانت الأسماء الإلهية سبب وجود العالم، كانت البسملة خير ابتداء، فكأنه يقول بسم الله الرحمن الرحيم ظهر العالم، فهي بيان لافتتاح الإيجاد، و الدخول إلى بيت الوجود بحسب الاستعداد»( ) .


Syekh ‘Abdul-Majid asy-Syarnubi berkata:

Sebagian orang ‘Arif pernah berkata: Sekiranya bukan karena Nama-nama Ilahiyyah yang menjadi penyebab kewujudan alam, pasti Basmalah adalah sebaik-baik permulaannya, seolah-olah Ia mengatakan Bismillah-ir-Rahman-ir-Rahim, alam mengejawantah, karena ia adalah bayan (penjelasan) untuk permulaan kewujudan, dan untuk memasuki rumah kewujudan sesuai dengan isti‘adat (persiapan).

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Advertisement