Advertisement

Latest News

Hadis-hadis tentang Keutamaan al-Qur’an

By Sang Perindu - Saturday, December 18, 2010

1. عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَ عَلَّمَه.
Dari ‘Usman bin ‘Affan ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang paling baik di antara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”
Hadis shahih, hadis diriwayatkan oleh al-Bukhari, Abu Daud, at-Tirmizi dan ad-Darimi

2. عَنْ أَبِي أُمَامَةَ البَاهِلِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: اِقْرَؤُوا الْقُرْآنَ, فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةَ شَفِيْعًا لاَِ صْحَابِهِ.
Dari Abu Umamah Al-Bahlili ra, ia berkata, Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena ia pada hari kiamat nanti akan datang untuk memberikan syafa’at kepada para pembacanya.”
Hadits shahih, hadis di riwayatkan oleh Imam Muslim

3. عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ الله عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: حَامِلُ الْقُرْآن مَوَقًّى.
Dari ‘Utsman ra’ bahwa Nabi SAW bersabda,: “Orang yang hafal al-Qur’an itu dijaga dari siksa neraka”.
Hadis dhai’f, hadis diriwayatkan oleh ad-Dailami dalam Musnad al-Firdaus.

4. عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي تِلاَوَةَ الْقُرْآنَ.
Dari Al Nu’man bin Basyir ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Yang paling utama dari ibadah ummatku adalah membaca Al-Qur’an.”
Hadits dhaif, hadis diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dalam kitab Syua’ab al-Iman.

5. عَنْ عَائِشَة رَضِيَ الله عَنْها قَالت: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَدَدُ دَرَجِ الْجَنَّة عَدَدُ آي الْقُرْآن، فَمَنْ دَخَلَ الْجَنَّة مِنْ أَهْلِ الْقُرْآن فَلَيْسَ فَوْقَهُ دَرَجَةٌ.
Dari ‘Aisyah ra, ia berkata bahwa Rasullah SAW bersabda jumlah tingkatan-tingkatan surga itu sama dengan jumlah ayat-ayat al-Qur’an. Maka tingkatan surga yang dimasuki para pembaca al-Qur’an adalah tingkatan paling atas, di mana tidak ada tingkatan lagi sesudahnya.
Hadis hasan, hadis diriwayatkan oleh al-Baihaqi.

6. عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ تَعَالىَ قَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَ الْحَسَنَةٌ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا. لاَ أَقُوْلُ "الم" حَرْفٌ: وَ لَكِنْ ألِفٌ حَرْفٌ وَ لاَمٌ حَرْفٌ, وَ مِيْمٌ حَرْفٌ.
Dari ‘Abdulla bin Mas’ud ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur’an), maka ia akan memperoleh pahala satu amal kebajikan, dan pahala satu amal kebajikan dilipatkan sepuluh kali. Saya tidak mengatakan bahwa ‘Alif-lam-mim’b itu satu huruf, tetapi ‘alif’ adalah satu huruf, ‘lam’ adalah satu huruf, ‘mim’ juga satu huruf.”
Hadits riwayat at-Tirmidzi dan ad-Darimi. Menurut at-Tirmidzi, hadits ini hasan shahih.

7. عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: الَّذِيْ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَ هُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةَ الكِرَامِ اليَرَرَةِ. وَ الَّذِيْ يَقْرَأُ القُرْآنَ وَ هُوَ يَتَتَعْتَعُ فِيْهِ وَ هُوَ عَلَيْهِ شَاقٌ لَهُ أَجْرَانِ.
Dari ‘Aisyah ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia pandai (hafal) dalam membacanya, ia akan bersama para malaikat yang menjadi utusan, yang mulia lagi suci. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an tetapi ia terbata-bata kesulitan, serta kesukaran dalam membacanya, ia akan memperoleh dua pahala.”
Hadis shahih, hadis diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, Abu Dawud, dan ad-Darimi.

8. عَنْ اَنَسٍ رَضِيَ الله عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: إِِذَا أَحَبَّ أَحَدُكُمْ أَنْ يُحَدِّثَ رَبَّهُ فّلْيَقْرَأُ القُرْآنَ.
Dari Aas ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila di antara kalian ada yang senang berkomunikasi dengan Tuhan-nya, maka hendaknya ia membaca Al-Qur’an.”
Hadis dhaif, diriwayatkan oleh al-Khatib al-Baghdadi dalam kitab Tarikh Baghdad, dan ad-Dailami dalam kitab Musnad al-Firdaus.

9. عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: إِنْ الَّذِي لَيْسَ فِي جَوْفِهِ شَيْءٌ مِنَ القُرْآنِ كَالْبَيْتِ الْخَرِبِ.
Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak ada Al-Qur’an sama sekali, tak ubahnya seperti rumah yang rusak.”
Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, Ahmad bin Hanbal, al-Hakim, dan ad-Darimi. Menurut at-Tirmidzi, hadits ini hasan-shahih.

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Advertisement